Pelatihan Surface Design Textile Block-Printing Bagi Siswa SMAN 8 Bandung

Pelatihan Surface Design Textile Block-Printing Bagi Siswa SMAN 8 Bandung

umat, 8 Maret 2019 Program Studi Kriya Tekstil dan Mode, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom dengan diwakili oleh tim dosen dan mahasiswa melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di salah satu sekolah mengengah atas di Bandung yaitu SMA Negeri 8 yang terletak di Jl. Solontongan, Buahbatu, Bandung. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan berupa pelatihan perancangan motif dan pengaplikasiannya dengan menggunakan salah satu teknik pengolahan permukaan tekstil yaitu block-printing pada lembaran kain.

Sejumlah 27 peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan siswa-siswi yang tergabung dalam kelompok kegiatan ekstrakurikuler GAMA KARYA SMAN 8 Bandung. GAMA KARYA merupakan ekstrakurikuler yang berkegiatan di bidang kreativitas siswa, seringkali mereka membuat perancangan dekorasi untuk kegiatan sekolah atau kesiswaan, membuat rancangan produk ataupun berbagai kegiatan lainnya yang bersifat kreatif. Hal inilah yang menjadi salah satu latar belakang kegiatan pengabdian masyarakat ini menyasar pada siswa-siswi kreatif dengan harapan dapat menjadi stimulasi bagi mereka kedepannya untuk dapat lebih mengembangkan pengetahuan dan kemampuan praktek di industri kreatif.

Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan dua sesi. Sesi pertama kegiatan pelatihan ini merupakan kuliah umum yang disampaikan oleh salah satu dosen Program Studi Kriya Tekstil dan Mode, M Sigit Ramadhan. Beliau menyampaikan tentang pengertian teknik dasar pengolahan tekstil block-printing, sejarah, material hingga langkah pengerjaannya secara teori. Selain itu peserta dikenalkan juga dengan potensi pengaplikasiannya pada berbagai jenis produk kreatif bernilai ekonomi yang dapat dihasilkan, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan jiwa creativepreneur sedari sekolah sebelum mereka terjun ke masyarakat.

Sesi kuliah umum dan pemaparan teori teknik block-printing

Sesi kedua dilanjutkan dengan praktek eksperimen. Pada sesi kedua ini peserta memperoleh meteri tentang proses pengaplikasian teknik ­block-printing secara lebih detail sekaligus mencoba langsung melalui kegiatan praktek yang dilakukan. Di awal sesi, peserta merancang terlebih dahulu sebuah motif yang nantinya akan dijadikan plat cetak yang dibuat dari bahan kayu yang diukir menggunakan pisau cukil, lalu kemudian mengecap plat cetak tersebut ke bahan kain yang telah disediakan. Selain pada lembaran kain, peserta diarahkan untuk mengaplikasian motif yang dibuatnya ke salah satu produk fesyen totebag, sebagai gambaran untuk para peserta bahwa teknik ini berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai elemen estetis yang menarik dalam perancangan produk kreatif.

Sesi workshop teknik pengolahan desain permukaan tekstil block-printing

Melalui pelatihan yang diselenggarakan ini diharapkan peserta mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru dengan mengenal teknik block-printing yang dapat diaplikasikan pada material tekstil. Selain itu diaharapkan dapat menjadi stimulasi tumbuhnya jiwa creativepreuneur pada diri peserta karena material tekstil yang dioleh dengan teknik block-printing berpotensi untuk dijadikan produk kreatif di bidang fesyen yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

 

Dokumentasi kegiatan

 

No Comments

Post A Comment

Warning!!!

Web "bktm.telkomuniversity.ac.id" sudah pindah ke alamat web berikut "bcaf.telkomuniversity.ac.id".